Cara Memberi Sitemap Pada WordPress

Hay..semua ketemu lagi nich hehehe…hari ini saya mau share ilmu tentang cara memberi sitemap pada wordpress. Sebelum melangkah lebih lanjut akan lebih baik nya kalau kita tau apa itu sitemap ?

Seperti yang saya kutip dari wikipedia, definisi sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah. Manfaat dari sitemap itu sendiri adalah mempercepat proses pengindeksan.

Nah itu sedikit pengetahuan mengenai sitemap, sekarang kita langsung aja ke topik permasalahannya yaitu cara memberi sitemap pada wordpress kita.

Caranya sangat mudah:

1. Langkah pertama login dulu ke wordpress nya, kemudian

2. Silahkan masuk ke menu Dashboard (WP-Admin) dari blog WordPress nya. Lalu geser mouse ke “Plugins” lalu klik “Add New“.

3. Pada kolom “Search“, masukkan “Google Sitemap Generator“, lalu klik “Search Plugins“.

4. Kemudian akan muncul banyak hasil pencarian. Pilih “Google XML Sitemaps” dengan klik “Install Now” yang terdapat dibawah namanya.

5. Saat ditanya “Are you sure you want to install this plugin?“, klik “Ok“.

6. Setelah ter-install dengan sukses, pilih “Activate Plugin“.

7. Plugin Google XML Sitemaps sudah aktif.

8. Selanjutnya melakukan setting dengan menggeser mouse ke “Settings”, lalu klik “XML-Sitemap”.

9. Saat pertama kali setelah selesai proses instalasi, XML Sitemap belum terbentuk, maka akan muncul kalimat “The sitemap wasn’t built yet. Click here to build it the first time.“. Silahkan klik pada “Click here” di kalimat tersebut.

10. Sukses! Sitemap sudah tersedia dan akan selalu terupdate secara otomatis setiap terdapat perubahan pada isi blog wordpress teman-teman.

Nah..mudah kan. Semoga ilmu yang saya share tentang cara memberi sitemap pada wordpress ini bisa bermanfaat untuk agan – agan semua….. 🙂

Pos ini dipublikasikan di Tutorial Website. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar