Faktor Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan di Indonesia

Semua orang tahu bahwa sebuah pendidikan sangatlah penting untuk melangsungkan kehidupan yang lebih baik, akan tetapi ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa pendidikan tidaklah terlalu penting. Sebagian orang berpendapat bahwa dengan bekerja kita tidak usah lagi sekolah, tidak usah lagi pusing – pusing mikirin tugas, ujian dan sebagainya padahal dengan sekolah kita bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik,  dengan berpendidikan kita bisa mendapatkan jabatan yang lebih baik.

Rendahnya tingkat kesadaran akan pentingnya pendidikan membuat sebagian orang ini lebih mementingkan bagaimana bisa menghasilkan uang untuk makan tanpa harus berpendidikan, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk sekolah dulu. Akan tetapi  dampak dari itu adalah banyaknya tingkat SDM yang rendah, tidak mampu bersaing dan akhirnya menjadi pengangguran. Kalau sudah begitu pemerintahlah yang bertanggung jawab atas nasib rakyatnya yang miskin.

Pemerintah sudah mengadakan sekolah gratis yang diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang lebih baik, akan tetapi tidak semua orang mau mengikuti itu dengan alasan tidak ada waktu untuk sekolah, lebih baik bekerja untuk sesuap nasi dari pada sekolah yang tidak menghasilkan uang. rendahnya kesadaran akan pentingnya pendidikan membuat orang berpikir sempit, terlebih lagi kalau disebabkan oleh ekonomi

Dibawah ini adalah beberapa faktor – faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia :

  1. Mahalnya biaya pendidikan
  2. Kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan
  3. Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan
  4. Rendahnya kualitas guru
  5. rendahnya prestasi siswa

sumber : http://blog.umy.ac.id/anadwiwahyuni/pendidikan/penyebab-rendahnya-kualitas-pendidikan-di-indonesia/

Pos ini dipublikasikan di Education. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar