Membuat daftar isi

Terkadang dalam pembuatan makalah, proposal ataupun skripsi kita diharuskan membuat daftar isi yang rapi. Maksudnya rapi disini bukan dengan pengetikan manual tapi dengan melakukan langkah – langkah yang benar. Akan tetapi karena terlalu banyak tugas gitu ya atau pun tidak sempat memikirkan untuk mempelajari cara membuat daftar isi yang benar maka kita kebingungan ketika suruh buat daftar isi terebut……

Nah untuk agan2 yang seperti itu maka disini akan saya sampaikan mengenai cara membuat daftar isi menggunakan msWord 2013. langsung saja lihat tutorial dibawah ini…..

Beriku adalah cara membuat daftar isi menggunakan Microsoft Office Word 2013.

1. Pertama-tama buka Microsoft Office Word, sehingga muncul lembar kerja yang masih kosong. Lalu, pastikan batang “ruler” yang ada dilembar kerja dalam posisi aktif. Jika belum aktif, aktif kan terlebih dahulu dengan cara memilih menu “view” lalu beri tanda ceklist pada “ruler”.

1

2. Buat tulisan DAFTAR ISI dengan ketentuan yang sudah sesuai format , pada baris berikutnya ketikkan KATA PENGANTAR dibawahnya. (“KATA PENGANTAR” disini hanya sebagai contoh, agan2 bisa mengetikan sesuatu yang agan inginkan)
Lalu klik “ruler” yang berwarna putih, hingga muncul tanda seperti huruf “L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak dua, dan letakkan kedua tanda tersebut sesuai gambar berikut:

2

3. Langkah selanjutnya double klik pada “ruler” yang bertanda “L” pertama (sebelah kiri) yang berwarna hitam diatas, hingga muncul kotak dialog seperti gambar dibawah.

3

Lalu atur Tabs sebagai berikut:

 

Ø Pada Alignment klik pada pilihan “Right”.

Ø Pada Leader klik pada pilihan “2”.

Ø Selanjutnya klik tombol “Set”.

Ø Lalu OK.

4. Selanjutnya, perhatikan tanda “L” yang pertama berganti posisi menjadi seperti “L”, namun bentuknya terbalik, seperti pada gambar berikut ini:

4

5. Langkah selanjutnya, masih pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol “Tab” sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik. Maka secara otomatis akan muncul titik-titik sebagai mana gambar berikut:

5

6. Langkah selanjutnya, tekan tombol “Tab” pada papan keyboard sekali lagi, sehingga kursor meloncat pada tanda “L” yang kedua, lalu isikan angka halaman untuk KATA PENGANTAR (biasanya halaman menggunakan “ii”).

7. Selesai membuat titik-titik dan pengisian nomor halaman pada KATA PENGANTAR, selanjutnya tekan tombol enter, maka tanda “L” pada langkah sebelumnya akan terbawa pada baris berikutnya. Artinya, anda tidak perlu mengulangi langkah-langkah yang diatas, yang diperlukan adalah untuk menuruskan mengetik elemen yang terdapat pada DAFTAR ISI, misalnya BAB 1, BAB 2, BAB 3, PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA, dan lain-lain.

Oke mungkin itu yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat daftar isi, ada kurang lebihnya saya meinta maaf…… dah 🙂

Pos ini dipublikasikan di Tutorial Website. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar